Seribu Kurma Buat Berbuka

  

Melihat kardus kurma 10 kilogram, ia menduga-duga: “Kayaknya lebih dari 1.000 (butir) kurma ya,” cetusnya. Syafiq yang November 2017 nanti genap 11 tahun usianya. Duduk di kelas 4 Sekolah Dasar Islam Al-Hikmah, di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Syafiq M. Aji adalah sukarelawan http://www.seribuwajahindonesia.com, sebuah institusi yang terbentuk untuk menggali potensi nilai-nilai kebaikan pada diri setiap orang. Soal dirinya ditahbiskan sebagai sukarelawan, Syafiq tak terlalu perduli, untuknya, segala kegiatan berbau sosial begitu digemarinya.

Pertengahn tahun lalu, ia bersemangat untuk membagikan buku bekas layak pakai ke sebuah Madrasah Ibtidaiyah (setingkat ekolah dasar) di Desa Cikopomoyak, Jasinga, Bogor. Berbekal dua kardus buku hasil sumbangan para donatur seribuwajahindonesia, ia menyerahkan donasi itu langsung ke Bapak Ase, Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Cikopomoyak.

Aktivitas sosialnya terus tumbuh meski pada akhirnya secara materi ia harus kehilnagan beberapa rupiah. Pernah suatu kali, ia berhasrat untuk mencpba untuk berjualan mainan. Saking tak tega menagih pada teman-teman sekolahnya, mainan yang diperdagangkan akhirnya tak ditagihkan. “Aku enggak enak, ya udah deh enggak apa-apa,” tuturnya kepada saya.

Kini memasuki bulan Ramadhan 1438 Hijriah, aktivitas sosialnya mulai kembali bergejolak. Berbekal kurma Khalas sebanyak dan 200 kantong plastik kecil, ia begitu bersemangat untuk meracik ta’jil atau makanan pembuka untuk siapa saja yang mampir ke Masjid Baitul Makmur, Ampera, Jakarta Selatan. Secara cekatan, setiap kantong berklem itu diisi sebanyak 5 butir kurma. Jemarinya lincah memilah kurma dari tumpukan dalam kardus, untuk kemudian masuk dalam kantong. Bagi Syafiq, pekerjaan ini mengasyikkan, bersama adik perempuan dan dua asisten rumah tangga, ia mengemas kurma-kurma itu. Selang 30 menit kemudian, 200 kantong yang masing-masing berisi 5 butir kurma sudah siap dikirimkan. 
Inilah 1.000 butir kurma untuk berbuka!
(Ampera 2017)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s