Semoga Terjaga 

  
Bisa jadi perempuan cilik ini mengerti betul apa yang diriwayatkan dalam hadist yang berbunyi “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu,” (HR at-Tirmidzi No. 1956). Bisa jadi pula, apa yang diajarkan para guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah di Desa Cikopomayak sudah merasuk dalam benak para siswi putri sekolah ini. Entahlah, yang pasti, ketika mereka beramai-ramai kerja bakti membersihkan sekolahnya, tanpa komando segera menebar senyum ramahnya.

Lima perempuan cilik ini bukanlah model papan atas, tapi melihat senyum yang ditebarkannya, memudahkan saya untuk mengambil foto ini. Selepas berpose, meluncurlah ucapan riuh dari mulut mereka yang mungil. Sesekali meluncur ungkapan-ungkapan dalam bahasa sunda.

Siang itu, matahari terasa menyengat, tetapi mereka tetap semangat menyiangi rumput-rumput liar di sekeliling sekolahnya. Semangatnya tak hanya bekerja membersihkan lingkungan, tetapi mereka belajar seperti tak mengenal lelah. Tidak seperti kebanyakan rekan seusianya di Ibu Kota, pelajar kelas 4 ini, bersekolah sejak Senin hingga Sabtu. “Khusus untuk madrasah, mereka sekolahnya dari jam 13.00 -16.00. Lebih banyak untuk memperdalam pelajaran agama Islam,” ungkap Ase Subadri Spd, sang kepala sekolah. 
Lepas jam 4 sore, mereka boleh pulang. Bukan lantaran kurikulum yang sedikit,tetapi mereka harus merelakan ruang kelas yang berjumlah 4 bergantian dengan siswa lain dengan tingkat lebih rendah. “Maklum, kelasnya terbatas, jadi gantian sama yang kelas 1 dan 2,” jelas Ase lagi.

Tak ada kemewahan dengan ruang berpendingin udara. Bangku ala kadarnya, dengan lahan terbatas. Tetapi semangat menuntut ilmu masih terpancar di wajah-wajah mereka. Semoga senyum ini akan terus terjaga hingga mereka tua….

(Cikopomayak, 30 Juli 2016)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s